Pages

Simulasi LED Menggunakan Proteus 8 Professional dan Code Vision AVR

TUJUAN PRAKTIKUM
Agar mahasiswa dapat mendesain atau memprogram Mikrokontroller sederhana untuk mengaktifkan lampu LED pada Software Simulator yang telah dianjurkan.
ALAT DAN BAHAN
  • 1 Set Personal Komputer
  • Software:
  1. Proteus 8 Professional.
  2. Code Vision AVR C Compiler.
TEORI SINGKAT
        Mikrokontroler adalah sebuah chip mikrokomputer sederhana yang digunakan untuk keperluan tertentu. Di dalam mikrokntroller sudah tersedia I/O dan data tersimpan di memori. Sedangkan LED adalah sumber cahaya monokromatik yang terbuat dari bahan semikonduktor. LED biasa digunakan sebagai lampu indicator dalam beberapa teknologi.
        Pada praktik kali ini saya menggunakan software Proteus 8 Profesional sebagai Software Simulator dan Code Vision AVR C Compiler untuk memprogram Mikrokontroller.
Untuk langkah percobaannya adalah sebagai berikut :
  1. Jika di PC belom terinstall software Proteus 8 Professional dan Code Vision AVR C Compiler, Silahkan untuk install software tersebut dahulu.
  2. Jika sudah diinstall, Silahkan buka ISIS Proteus 8 Professional dahulu.
  3. Klik Device > Klik “P” >  pilih ATMEGA32 > Klik OK, Lalu pasang pada Worksheet dengan klik satu kali lalu drag object untuk mengatur posisi.
  4. Klik Device > Klik “P” > lalu LED (Warna bebas), Lalu pasang pada Worksheet sebanyak 8 buah.
  5. Pasang kabel (Wiring) LED ke PORTD ATMEGA32 yang ada di pojok kanan bawah.
  6. Pasang “Ground” (Ada pada sidebar sebelah kiri) dibawah LED yang telah disusun.
  7. Hubungkan kabel pada LED ke GROUND.
  8. Buka CodeAVR untuk membuat programnya.
  9. Klik New File > Pilih “Project”, Lalu Klik Ok.
  10. Set Parameter ATMega32 > Chip = ATMega32 > Clock = 8,000000.
  11. Untuk di Ports, Pilih Port D > lalu pada Data Direction > Ubah semuanya menjadi Out > Lalu pada Pullup / Output Value ubah menjadi 1.
  12. Klik Generate Program > Save and Exit.
  13. Pilih Folder tempat kita ingin menyimpan Program yang telah dibuat (Disarankan dijadikan satu folder dengan file dari Proteus 8 Professional) > lalu Klik Save > Lalu akan muncul kotak dialog untuk save program kita tadi sebanyak 3 kali.
  14. Buat Programnya.
  15. Ketik kode.
  16. Setelah selesai, kita Compile Programnya, Lalu Build All.
  17. Kembali ke Program Proteus yang telah kita buat > Klik dua kali pada ATMega32 > Pada Program File > Browse Program CodeAVR yang ada di folder exe.
  18. Pastikan CKSEL Fuse sama dengan Frekuensi ATMega saat Build New Project.
  19. Play, Jika berhasil menyala sesuai yang kita inginkan, maka program yang telah kita buat tadi berhasil.
METODE PERCOBAAN
       Metode percobaan yang saya lakukan adalah Eksperimen, karena saya melakukan percobaan secara langsung dengan 1 Set Personal Komputer dan Software berupa Proteus 8 Professional dan Code Vision AVR C Compiler.
HASIL PERCOBAAN PRAKTIKUM
Code

Proteus
PEMBAHASAN

Dari langkah kerja yang telah kita lakukan di atas dan menghasilkan sebuah pekerjaan yang kita inginkan. Dapat diketahui itu semua hanya menggunak 2 software.Yang pertama kita butuhkan Proteus 8 Professional untuk mendesain replika hardware dan kita membutuhkan CVAVR (Code Vision AVR) untuk mengatur ATMEGA32 dengan membuat kode untuk ATMEGA32.
KESIMPULAN
Kesimpulan dari pratikum ini adalah sebuah program Proteus 8 Professional dapat dimanfaatkan untuk mendesain atau memprogram sebuah rangkain komponen running LED yang menggunakan ATMEGA32 yang didukung dengan sebuah program yang telah dibuat menggunakan Code Vision AVR C Compiler.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment