Pages

Seni Musik (Zaman Barok dan Impressionisme)

            Zaman barok dimulai setelah abad 16 dan lebih sering disebut sebagai awalnya Gaya Modern pada sebuah musik di barat.Bentuk-bentuk barunya meliputi instrumentasi, metode maupun sumber ide untuk mengarapnya mulai mengalami revolusi meskipun adanya bentuk dan gaya zaman Renaisans masih tampak ada di musik Zaman Barok.Pada abad 18, gaya Barok murni dapat terwujud dengan kesempurnaan.

            Bentuk Opera mulai disungguhkan untuk khalayak ramai/luas, sedangkan khusus untuk konser masih terbatas untuk kalangan bangsawan.Bentuk-bentuk homoponik mulai muncul dimana-mana.Tangga nada mayor yang dikembangkan sejak Zaman Renaisans mulainya dengan sengaja disatukan penggunaanya terutama di dalam penggarapan musik instrumental.

             Ciri-cirinya yang terdapat pada karya Zaman Barok adalah sebagai berikut:
    Media Penyajian

                 Peranan musik instrumental pada Zaman Barok berkembang dengan pesat.Di dalam orkhestra, musisi, mulai menggunakan alat-alat music:
1. Flute
2. Hobo
3. Basson
4. Keyboard
5. Alat-alat petik

             Dalam pentas resmi atau apresiasi musik.Alat-alat musik seperti:

1. Viola
2. Gamba
3. Trompet

             Merupakan tolak ukur bagi kelompok-kelompok musik di Zaman Barok.
    Ritme
            Musik Vokal resetatip dan kontra menggunakan ritme bebas.Aksentuasi dilakukan karena perubahan harmonis dan nada-nada lang dalam iringan.Zaman Barok banyak karya musik yang didasarkan pada satu pola ritme dan pemakaian satu tempo yang tampak sangat monoton.
    Melodi Zaman Impressionsime
              Karya-Karya musik pada Zaman Impressionisme ditandai oleh penggunaan melodi dan tangga nada yang dipengaruhi oleh musik gamelan.

              Tokoh musiknya adalah

1. Acille Claude Debussy (1862-1918)

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment