Pages

Hardware Software: Personal Computer Systems

Komponen Komputer:

1. Casing merupakan tempat dari komponen-komponen yang akan kita rakit atau lebih tepatnya tempat yang didalam nya terdapat bermacam-macam komponen yang harus ada dalam komputer. Casing terdiri dari bermacam-macam bentuk, seperti: Casing tower (Mini tower, middle tower, dan full tower), casing desktop, casing slim, large server, dan rackmount.
2. Power supply merupakan sumber energy (Daya atau arus listrik) untuk sebuah komputer agar dapat beroperasi. Ada macam-macam variasi di power supply, seperti: Advanced Technology (AT), AT Extended (ATX), ATX12V, dan EPS12V.
3. Power supply wattage memiliki rumus seperti P = V x A.
Internal Komponen Komputer:
1. Motherboard adalah komponen yang penting dan sebuah papan di mana komponen-komponen computer ditancapkan dan dapat saling berhubungan. Motherboard juga merupakan pusat sumber daya yang mengatur kerja sama semua komponen yang terhubung. Selain itu motherboard juga mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Di motherboard terdapat: CPU (Central Processing Unit, RAM (Random Access Memory), Expansion slots, dan Chipset.
2. CPU (Central Processing Unit) merupakan otak atau mesin dari sebuah PC atau juga sering disebut “The Brain of Computer”.

3. Cooling System adalah komponen yang digunakan untuk mendinginkan atau untuk membuang panas yang ada pada komputer keluar dari dekstop.

4. Memori:
  1. HDD (Harddisk atau harddisk drive) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.
  2. ROM (Read Only Memory) adalah salah satu memori yang ada di dalam computer. ROM bersifat permanen, artinya program/data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik dimatikan. Salah satu contoh ROM adalah ROM BIOS yang berisi program dasar system computer yang mengatur/menyiapkan semua peralatan/komponen yang ada di dalam computer saat computer dihidupkan.
  3. RAM (Random Access Memory) adalah salah satu memori yang ada di dalam computer. Tapi berbeda dengan ROM, karena RAM bersifat sementara.
5. Adapter Card adalah sebuah perangkat ini meningkatkan fungsi dari sebuah komputer. Ada macam-macam adapter card, seperti: Sound Adapter yang menyediakan kemampuan audio, NIC (Network Interface Card) yang mengkoneksi komputer dengan internet dengan menggunakan perantara kabel, Wireless NIC yang mengkoneksi komputer dengan internet dengan menggunakan perantara frekuensi radio, Video Adapter yang enyediakan kemampuan untuk video, Captured Card yang mengirim sinyal ke sebuah komputer jadi sinyal dapat di terima atau di rekam ke hard drive komputer dengan Video Captured software, TV tuner card yang enyediakan kemampuan untuk melihat dan menyimpan sinyal televisi dalam PC dengan mengkoneksikan kabel TV , satelit atau antena ke TV tuner card, USB port yang mengkoneksikan berbagai macam perangkat ke computer.
6. Input Device contohnya: Mouse, Scanners, Keyboard, Digitizers, Joystick, Gamepad, Biometric Identification Devices, Digital Camera, Smart Card Reader, dan lain-lainnya.

7. Output Device contohnya: Monitor, Speaker, Printer, dan lain-lainnya.
Memilih Komponen Komputer:
  1. Memilih Motherboard, CPU (Central Processing Unit), Casing, dan Memori harus sangat berhati-hati, Jadi frekuensinya harus sama.
  2. Untuk memilih Casing dan kipas jangan dijadikan satu dengan HDD (Harddisk atau harddisk drive) agar monitor nanti tidak redup.
  3. Memilih Power supply, Adapter card, HDD (Harddisk atau harddisk drive), Media reader, External storage, dan I/O device pun juga harus berhati-hati atau teliti.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment