“ Youtuber “

Nama : Enrico Praditya Wacartha
NIM : 15.61.0037
Jurusan : BCIT
JURUSAN S1-TEKNIK INFORMATIKA
Jalan Ring Road Utara, Condong Catur,
Sleman, Yogyakarta
KATA PENGANTAR
Puji
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan
rahmat-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan karya ilmiah lingkungan bisnis
yang berjudul “ Youtuber ” . Karya
ilmiah ini disusun oleh penulis untuk melengkapi tugas mata kuliah lingkungan
bisnis dengan tujuan agar penulis mengerti dan mengenal bisnis. Serta karya
ilmiah ini bertujuan untuk menambah pengetahuan para pembaca agar mengetahui
tentang bisnis di masa kini.
Dalam
penyusunan karya tulis ilmiah ini penulis sudah berusaha semaksimal mungkin
sesuai dengan kemampuan penulis. Penulis menyadari bahwa banyak terdapat
kesalahan dalam karya ilmiah ini, dalam hal teknis maupun dalam hal tata bahasa
yang kurang baik. Maka dari itu penulis mengharapkan pembaca untuk memberikan
kritik dan saran yang membangun. Penulis berharap semoga karya tulis ini dapat
memberikan pengetahuan dan informasi bagi para pembacanya.
Yogyakarta, 28 Febuari 2016
Penulis
Enrico Praditya Wacartha
ABSTRAK
Karya ilmiah ini berjudul “ Youtuber ”, yang bertujuan memberi gambaran bagaimana cara memulai bisnis menjadi seorang Youtuber, peluang apa saja yang dapat di terapkan agar sukses dan membahas tentang apa saja hal yang membuat kita mendapatkan uang dari Youtube. Metode yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah metode diskriptif, Penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya.
Penelitian
ini juga sering disebut noneksperimen, karena pada penelitian ini penelitian
tidak melakukan kontrol dan manipulasi variabel penelitian. Dengan metode
deskriptif, penelitian memungkinkan untuk melakukan hubungan antar variabel,
menguji hipotesis, mengembangkan generalisasi, dan mengembangkan teori yang
memiliki validitas universal.
Karya
ilmiah “ Youtuber ” ini ditujukan kepada seluruh siswa SMK jurusan IT dan mahasiswa
IT yang ingin memulai bisnis dengan media elektronik dan internet. Apalagi
mahasiswa dari STMIK AMIKOM YOGYAKARTA.
Di zaman sekarang ini internet sudah menjadi kebutuhan wajib
bagi penduduk dunia. Mulai dari kalangan anak-anak sampai tua menggunakan
internet. Seperti halnya berbagai macam makanan yang dibutuhkan setiap
hari, berbagai macam kategori seperti hiburan, berita, ataupun yang lainnya
juga sudah tersedia banyak diinternet. Dan untuk saat ini sebuah website yang
sering dikunjungi adalah Youtube, Youtube adalah sebuah situs yang
memberikan banyak video, mulai dari video musik, lucu, blog, tutorial, hingga
review film dan lain sebagainya.
Lalu apa hubungannya Youtube dengan bisnis ? Apakah ada keuntungan saat
berbisnis menggunakan Youtube ? Apakah menjamin untuk jangka panjang di dalam
berbisnis ? Lalu bagaimana caranya ? Dari mana penghasilan yang akan kita dapatkan
jika kita berbisnis dengan menggunakan Youtube ?
ISI
Siapa yang mengunggah video ke Youtube ? Biasanya video –
video yang diunggah oleh pengguna Youtube. Para pengunggah ini biasa mereka
memang bekerja dalam membuat konten hiburan berbentuk video. Bagaimana mereka
bisa menghasilkan uang dari mengunggah video tersebut ? Dalam Youtube,
subscriber atau para langganan sangat berpengaruh dalam kesuksesan channel
Youtube yang dijalankan. Karena semakin banyak subscriber, bisa semakin banyak
mengundang para viewers atau penonton. Jika dalam sebuah video, semakin banyak
viewers yang kita dapatkan, semakin banyak pula uang yang kita hasilkan dari
satu buah video tersebut dan yang tidak kalah penting adalah akun youtube
kita harus diintegrasikan (disambungkan) dengan akun pengiklan seperti Google
Adsense, karena mitra youtube adalah Google, jadi pengiklan yang harus
digunakan adalah seperti adsense. Kemudian Anda ditugaskan menjadi pengiklan
google dari video tersebut. Bukan membuat video tentang iklan, tetapi didalam
video yang Anda buat akan terselip iklan yang didapatkan dari akun Google
Adsense anda.
Lalu bagaimana kita memanfaatkan media situs ini untuk
berbisnis ? Memang, satu hal yang penting kita memang harus pada hobi ini,
cocok dalam passion sebagai seorang Youtuber. Membuat berbagai macam
video yang bervariasi sehingga tidak monoton, lalu viewers kehilangan
minatnya untuk menonton video yang kita buat. Lalu bagaimana
persaingannya ? Karena fenomena para Youtubers ini sudah berjalan
bertahun –tahun, maka sudah banyak juga tema – tema yang mereka gunakan,
ataupun tentang apa video itu dibuat. Maka hal tersebut adalah bagaimana cara
berpikir kreatif kita dalam membuat video yang unik, menghibur, dan berbeda
dari para Youtubers lainnya.
Video yang akan saya bikin sangat bermacam seperti musik
(cover dam karya sendiri), tutorial (design grafis), animasi (kartun), dan film
(film pendek, film panjang, behind the scene, dan dibuang sayang) dan pastinya
dengan bantuan orang-orang di sekitar saya. Dengan 4 jenis video yang akan saya
bikin ini agar channel Youtube saya tidak monoton dan bisa survive di
persaingan bisnis menjadi Youtuber.
No comments:
Post a Comment