Pages

Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis " Parfum Solid "

Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis

“ Parfum Solid “

Logo AMIKOM


Nama                          : Enrico Praditya Wacartha

NIM                             : 15.61.0037

Jurusan                       : BCIT







JURUSAN S1-TEKNIK INFORMATIKA


Jalan Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta

Telp: (0274) 884201 – 207, Fax: (0274) 884208, E-Mail Humas: amikom@amikom.ac.id


KATA PENGANTAR 

Puji Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan karya ilmiah lingkungan bisnis yang berjudul “ Parfum Solid ”  . Karya ilmiah ini disusun oleh penulis untuk melengkapi tugas mata kuliah lingkungan bisnis dengan tujuan agar penulis mengerti dan mengenal bisnis. Serta karya ilmiah ini bertujuan untuk menambah pengetahuan para pembaca agar mengetahui tentang bisnis di masa kini. 
Dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini penulis sudah berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan penulis. Penulis menyadari bahwa banyak terdapat kesalahan dalam karya ilmiah ini, dalam hal teknis maupun dalam hal tata bahasa yang kurang baik. Maka dari itu penulis mengharapkan pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang membangun. Penulis berharap semoga karya tulis ini dapat memberikan pengetahuan dan informasi bagi para pembacanya.  
Yogyakarta, 27 Febuari 2016    
 Penulis        


Enrico Praditya Wacartha


ABSTRAK


Karya ilmiah ini berjudul “ Parfum Solid ”, yang bertujuan memberi gambaran bagaimana cara memulai bisnis parfum solid ini, peluang apa saja yang dapat di terapkan agar tidak terjadi kerugian, dan membahas tentang apa saja kemungkinan adanya keuntungan atau kerugian dalam berbisnis parfum solid ini. Metode yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah metode diskriptif, Penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya.

Penelitian ini juga sering disebut noneksperimen, karena pada penelitian ini penelitian tidak melakukan kontrol dan manipulasi variabel penelitian. Dengan metode deskriptif, penelitian memungkinkan untuk melakukan hubungan antar variabel, menguji hipotesis, mengembangkan generalisasi, dan mengembangkan teori yang memiliki validitas universal.

Karya ilmiah “ Parfum Solid ” ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil dan yang pasti memiliki untung. Bisnis ini cocok untuk mahasiswa maupun pelajar dikarenakan modal yang dibutuhkan tergolong kecil. Serta kita tidak perlu memiliki tempat yang terlalu besar untuk menjualkan atau memasarkan barang ini, karena bisa dilakukan dengan media sosial dan untuk serah terimanya bisa dilakukan dengan ketemu di tempat yang sudah disepakati atau sering disebut dengan “ COD ”. 

ISI


Untuk memulai bisnis ini perlu di perhatikan beberapa hal agar usaha tersebut berjalan dengan lancar adalah:
  1. Bahan:
        1. ½ sendok teh beeswax.
        2. 2 sendok teh petroleum jelly.
        3. 3 sendok teh parfum atau body spray (Ukuran dapat disesuaikan dengan kuatnya aroma yang diinginkan.
  2. Cara membuat:
        1. Masukkan seluruh bahan kecuali parfum atau body spray ke dalam mangkok tahan panas.
        2. Panaskan air di dalam panci.
        3. Lelehkan bahan dengan cara meletakkan mangkok tahan panas ke dalam rebusan air. Jangan menuangkan isinya ke dalam panci.
        4. Setelah meleleh, Masukkan parfum atau body spray ke dalam adonan.
        5. Panaskan kembali adonan parfum di atas panci air. Semakin lama anda memanaskan adonan ini, maka aroma parfum akan semakin kuat.
        6. Tuang adonan ke dalam wadah yang bersih.
        7. Masukkan adonan solid parfum ini ke dalam kulkas selama beberapa jam. Setelah dikeluarkan, biarkan solid parfum ini mamadat dalam suhu ruangan.
        8. Jika sudah memadat artinya parfum yang dibikin tadi sudah jadi dan bisa dikemas ke sebuah wadah, Akhirnya bisa kita pasarkan atau jual.

Untuk pemasaran bisa dilakukan melalui media sosial dengan cara mengambil gambar produk lalu upload gambar di media sosial seperti facebook, twitter, instagram, blog, dan bisa juga media jual beli online. Setelah diupload jangan lupa juga sertakan keterangan tentang produk, biaya, dan contact person untuk dihubungi.

Alasan memilih usaha ini dikarenakan daya tarik parfum yang membuat orang-orang menjadikan parfum adalah sebuah barang yang harus dimiliki, karena untuk membuat diri pemakai semakin menarik melalui aromanya. Dengan alasan itu orang-orang rela merogoh kocek untuk mendapatkan parfum dengan keharumannya yang memikat. Tetapi karena kebanyakan parfum bersifat cair, saya membuat perbedaan dengan membuat parfum solid agar menjadi beda dan tidak membosakan. Jadi karena beda, parfum solid memiliki daya tarik yang lebih menjual.

Target konsumen adalah semua orang dari semua kalangan. Karena semua orang selalu menginginkan tampil rapi dan wangi. Sehingga kebutuhan masyarakat akan parfum semakin hari semakin meningkat. Namun daya beli konsumen paling tinggi adalah dari kalangan anak muda.

Keuntungan berbisnis parfum ini dapat di tinjau dari efisien dan efektifnya bisnis ini, tidak perlu memiliki tempat luas, tidak perlu memikirkan barang yang tidak laku akan busuk seperli layaknya berbisnis makanan, atau tidak laku karena perubahan jaman, karena parfum selalu mengikuti perubahan jaman dan peminat parfum selalu ada, keuntungan yang di dapatpun akan lebih meningkat karena di jual sejara eceran tergantung permintaan konsumen.

Kerungian dalam berbisnis parfum solidpun harus di perhatikan, karena dalam menentukan bisnis tidak boleh tergesa-gesa dan terkesan tidak terlalu memikirkan untung ruginya. Resiko dalam berbisnis parfum sangatlah kecil seperti harga bibit parfum yang berubah, atau kurang pahamnya pemilik tentang perbandingan pencampuran bibit parfum dengan cairan lainnya sehingga parfum tidak tahan lama dan konsumenpun enggan datang kembali. Resiko tersebut termasuk resiko yang harus di pikirkan sebelum bisnis yang dijalankan menjadi tidak lancar.

REFERENSI



Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment