“ Parfum Solid “

Nama : Enrico Praditya Wacartha
NIM : 15.61.0037
Jurusan : BCIT
JURUSAN S1-TEKNIK INFORMATIKA
Jalan Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta
Telp: (0274) 884201 – 207, Fax: (0274) 884208, E-Mail Humas: amikom@amikom.ac.id
KATA PENGANTAR
Puji
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan
rahmat-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan karya ilmiah lingkungan bisnis
yang berjudul “ Parfum Solid ” . Karya
ilmiah ini disusun oleh penulis untuk melengkapi tugas mata kuliah lingkungan
bisnis dengan tujuan agar penulis mengerti dan mengenal bisnis. Serta karya
ilmiah ini bertujuan untuk menambah pengetahuan para pembaca agar mengetahui
tentang bisnis di masa kini.
Dalam
penyusunan karya tulis ilmiah ini penulis sudah berusaha semaksimal mungkin
sesuai dengan kemampuan penulis. Penulis menyadari bahwa banyak terdapat
kesalahan dalam karya ilmiah ini, dalam hal teknis maupun dalam hal tata bahasa
yang kurang baik. Maka dari itu penulis mengharapkan pembaca untuk memberikan
kritik dan saran yang membangun. Penulis berharap semoga karya tulis ini dapat
memberikan pengetahuan dan informasi bagi para pembacanya.
Yogyakarta, 27 Febuari 2016
Penulis
Enrico Praditya Wacartha
ABSTRAK
Karya
ilmiah ini berjudul “ Parfum Solid ”, yang bertujuan memberi gambaran bagaimana
cara memulai bisnis parfum solid ini, peluang apa saja yang dapat di terapkan
agar tidak terjadi kerugian, dan membahas tentang apa saja kemungkinan adanya
keuntungan atau kerugian dalam berbisnis parfum solid ini. Metode yang digunakan
dalam karya ilmiah ini adalah metode diskriptif, Penelitian deskriptif
merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi
objek sesuai dengan apa adanya.
Penelitian
ini juga sering disebut noneksperimen, karena pada penelitian ini penelitian
tidak melakukan kontrol dan manipulasi variabel penelitian. Dengan metode
deskriptif, penelitian memungkinkan untuk melakukan hubungan antar variabel,
menguji hipotesis, mengembangkan generalisasi, dan mengembangkan teori yang
memiliki validitas universal.
Karya
ilmiah “ Parfum Solid ” ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa yang ingin
memulai bisnis dengan modal kecil dan yang pasti memiliki untung. Bisnis ini
cocok untuk mahasiswa maupun pelajar dikarenakan modal yang dibutuhkan tergolong
kecil. Serta kita tidak perlu memiliki tempat yang terlalu besar untuk
menjualkan atau memasarkan barang ini, karena bisa dilakukan dengan media sosial
dan untuk serah terimanya bisa dilakukan dengan ketemu di tempat yang sudah
disepakati atau sering disebut dengan “ COD ”.
ISI
Untuk memulai bisnis ini perlu
di perhatikan beberapa hal agar usaha tersebut berjalan dengan lancar adalah:
- Bahan:
- ½ sendok teh beeswax.
- 2 sendok teh petroleum jelly.
- 3 sendok teh parfum atau body spray (Ukuran dapat disesuaikan dengan kuatnya aroma yang diinginkan.
- Cara membuat:
- Masukkan seluruh bahan kecuali parfum atau body spray ke dalam mangkok tahan panas.
- Panaskan air di dalam panci.
- Lelehkan bahan dengan cara meletakkan mangkok tahan panas ke dalam rebusan air. Jangan menuangkan isinya ke dalam panci.
- Setelah meleleh, Masukkan parfum atau body spray ke dalam adonan.
- Panaskan kembali adonan parfum di atas panci air. Semakin lama anda memanaskan adonan ini, maka aroma parfum akan semakin kuat.
- Tuang adonan ke dalam wadah yang bersih.
- Masukkan adonan solid parfum ini ke dalam kulkas selama beberapa jam. Setelah dikeluarkan, biarkan solid parfum ini mamadat dalam suhu ruangan.
- Jika sudah memadat artinya parfum yang dibikin tadi sudah jadi dan bisa dikemas ke sebuah wadah, Akhirnya bisa kita pasarkan atau jual.
Untuk
pemasaran bisa dilakukan melalui media sosial dengan cara mengambil gambar
produk lalu upload gambar di media sosial seperti facebook, twitter, instagram,
blog, dan bisa juga media jual beli online. Setelah diupload jangan lupa juga
sertakan keterangan tentang produk, biaya, dan contact person untuk dihubungi.
Alasan
memilih usaha ini dikarenakan daya tarik parfum yang membuat orang-orang
menjadikan parfum adalah sebuah barang yang harus dimiliki, karena untuk
membuat diri pemakai semakin menarik melalui aromanya. Dengan alasan itu
orang-orang rela merogoh kocek untuk mendapatkan parfum dengan keharumannya
yang memikat. Tetapi karena kebanyakan parfum bersifat cair, saya membuat
perbedaan dengan membuat parfum solid agar menjadi beda dan tidak membosakan.
Jadi karena beda, parfum solid memiliki daya tarik yang lebih menjual.
Target
konsumen adalah semua orang dari semua kalangan. Karena semua orang selalu
menginginkan tampil rapi dan wangi. Sehingga kebutuhan masyarakat akan parfum
semakin hari semakin meningkat. Namun daya beli konsumen paling tinggi adalah
dari kalangan anak muda.
Keuntungan
berbisnis parfum ini dapat di tinjau dari efisien dan efektifnya bisnis ini,
tidak perlu memiliki tempat luas, tidak perlu memikirkan barang yang tidak laku
akan busuk seperli layaknya berbisnis makanan, atau tidak laku karena perubahan
jaman, karena parfum selalu mengikuti perubahan jaman dan peminat parfum selalu
ada, keuntungan yang di dapatpun akan lebih meningkat karena di jual sejara
eceran tergantung permintaan konsumen.
Kerungian
dalam berbisnis parfum solidpun harus di perhatikan, karena dalam menentukan
bisnis tidak boleh tergesa-gesa dan terkesan tidak terlalu memikirkan untung
ruginya. Resiko dalam berbisnis parfum sangatlah kecil seperti harga bibit
parfum yang berubah, atau kurang pahamnya pemilik tentang perbandingan
pencampuran bibit parfum dengan cairan lainnya sehingga parfum tidak tahan lama
dan konsumenpun enggan datang kembali. Resiko tersebut termasuk resiko yang
harus di pikirkan sebelum bisnis yang dijalankan menjadi tidak lancar.
No comments:
Post a Comment